Selasa, 05 April 2016

Komputer Gaming

Di artikel sebelumnya saya telah membahas, tentang Tips memilih komponen komputer gaming. Saat ini saya akan membahas bagaimana spesifikasi komputer gaming minimal agar para gamer dapat bermain game online dengan menyenangkan.
Sebenarnya tidak ada spesifikasi yang baku untuk PC atau laptop gaming. Masing-masing gamer mempunyai kriteria sendiri. Selain itu, juga bergantung pada budget yang ada. Rata-rata di Indonesia, gamer sejatinya menghabiskan 8-10 juta rupiah untuk membeli komponen dan merakit PC gaming-nya.
Di artikel ini saya akan membahas spesifikasi komputer gaming menurut pengalaman saya dengan budget sekitar 3 juta rupiah, namun sudah sangat oke. Tentu jangan dibandingkan komputer gaming harga 3 juta dengan harga 10 juta. Pasti ada bedanya. Spesifikasi ini khusus buat para gamer yang dananya terbatas seperti saya.
Untuk gaming, sebenarnya tidak terlalu membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, cukup yang sedang-sedang saja dan dengan harga yang murah.
Komputer Game (online dan offline minimal) AMD. Harga kisaran: Rp. 3,3 Juta
Processor AMD Athlon™ X2 250 (AM3) atau AMD A4 3300-X2 (FM1)
Motherboard AMD socket AM3+ atau AMD FM1
Memory DDR3 2 GB
Harddisk 250 Gb SATA
Monitor 18.5″
VGA ATI Radeon 4650 1Gb 128bit
lain-lain sesuai selera dan budget
Komputer Game (online dan offline minimal) Intel. Harga kisaran Rp. 3,5 Juta
Processor intel E5500 Dual Core
Motherboard Intel socket LGA1155
Memory DDR3 2 GB
Harddisk 250 Gb SATA
Monitor LG 18.5″
VGA Nvidia GeForce GT 220 1GB 128bit
Berdasarkan pengalaman saya, spesifikasi komputer game tersebut diatas cukup baik menangani game online dan game offline, misalnya:
Poinblank: lancar jaya dengan setingan tinggi sekalipun
Atlantica Online: Lancar
PES 2012: Lancar setingan high
Need For Speed Hot Pursuit 2: Lancar
Battlefield 3: Lancar di setingan medium, untuk high sering lag
Mafia II: Lancar di setingan optimal (auto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar